Inilah 3 Contoh Kata Pengantar Makalah Dan Penjelasannya

Kata pengantar makalah merupakan salah satu bagian dari unsur atau instrumen pembuatan makalah itu sendiri. Seperti kita ketahui bahwa, makalah merupakan salah satu tugas karya ilmiah yang memang pada umumnya banyak sekali ditemukan serta dipelajari pada tingkat pendidikan. Dimana pada Indonesia sendiri, pembuatan tugas makalah sendiri telah diberikan tugasnya kepada para pelajar dari kelas sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Dimana tujuan dari makalah ini sendiri untuk memberikan ilmu kepada para siswa dalam menulis suatu karya ilmiah, juga diajarkan untuk kreatif serta berpikir kritis dalam menyusu tugas karya ilmiah tersebut.

Tentunya dalam penulisan karya ilmiah termasuk juga dalam hal ini yaitu karya ilmiah berupa makalah yang dimana memang makalah sendiri adalah karya ilmiah jenis dasar sekali. Dimana memang pada tugas ini tentu penulis harus memperhatikan berbagai macam unsur sistematika penulisan karya ilmiah itu sendiri termasuk dalam hal ini yaitu penulisan kata pengantar makalah.

Penjelasan Makalah Dan Instrumen Penulisannya Termasuk Kata Pengantar Makalah

Tugas karya ilmiah memang merupakan salah satu tugas yang sudah tidak asing lagi kita kerjakan serta dengar. Sebab, tugas ini sendiri memang dibuat untuk memberikan edukasi kepada para siswa atau pelajar dalam berpikir kritis, memahami sistematikan menulis dokumen dengan benar dan sebagainya. Makalah sendiri memang bagian dari tugas karya ilmiah itu sendiri, dimana secara definisi makalah memiliki  makna yaitu karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu topik tertentu yang tercakup ke dalam ruang lingkup pengetahuan.

Dalam menulis suatu makalah sendiri tentu harus menulisnya dengan tepat berdasarkan struktur ataupun instrumen pada isi makalah itu sendiri. Dimana memang pada umumnya, adapun struktur ataupun instrumen pada jenis makalah itu sendiri terbagi menjadi judul. kata pengantar makalah, daftar isi, isi, serta penutup. Dimana tentu beberapa instrumen atau struktur tersebut haruslah ditulis serta dimuat dengan benar agar makalah memiliki hasil yang bagus termasuk dalam hal kata pengantar makalah atau laporan.

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Kata pengantar makalah sendiri merupakan salah satu bagian dari instrumen ataupun struktur dari makalah itu sendiri. Dimana kata pengantar ini sendiri bertujuan untuk menyampaikan rasa hormat terhadap pihak yang terlibat dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Menjelaskan gambaran atau informasi umum dari karya ilmiah. Menarik minat seseorang untuk membaca keseluruhan buku atau karya ilmiah yang ditulis. Berikut inilah 3 contoh kata pengantar dalam makalah dimana telah unitar.ac.id rangkum yang bisa kamu coba.

1. Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Pembagian Zaman Prasejarah” dengan tepat waktu.

Makalah disusun untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Sejarah. Selain itu, makalah ini bertujuan menambah wawasan tentang manusia prasejarah bagi para pembaca dan juga bagi penulis. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nina selaku guru Mata Pelajaran Sejarah. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu diselesaikannya makalah ini. Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna.

Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Palembang, 6 Juli 2024

Penulis

2. Puji syukur diucapkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya. Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca.

Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami.

Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Bandung, 20 Februari 2024

Penyusun

3. Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat-Nya dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah singkat tepat pada waktunya.

Adapun judul dari makalah singkat ini adalah “Manajemen Resiko Perbankan”. Pada kesempatan kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen mata kuliah manajemen perbankan yang telah membimbing saya untuk menyelesaikan makalah singkat ini. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah singkat ini. Penulis menyadari bahwa dalam menulis makalah singkat ini masih jauh dari kata sempurna.

Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun diharapkan dapat membuat makalah singkat ini menjadi lebih baik serta bermanfaat bagi penulis dan pembaca.

Jakarta, 12 Februari 2025

Penulis

Itulah tadi berbagai macam penjelasan dan contoh kata pengantar makalah ataupun tugas laporan yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan jenis makalah ataupun laporan tugas kamu masing-masing.

Leave a Comment