Berita Katadata, Ini Perkembangan Sidang MK Pilpres 2024

Indonesia pada beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu telah melaksanakan pesta rakyat setiap 5 tahunan sekali yaitu pemilihan umum presiden dan wakil presiden serta pemilihan legistatif baik itu DPR, DPRD, DPD. Pesta rakyat 5 tahunan ini diawali dengan beberapa pergerakan politif yang cukup membuat rakyat heboh dan menjadi perhatian khusus masyarakat. Pemilihan presiden untuk periode berikutnya ini diikut sebanyak 3 pasangan calon dan wakil calon presiden. Dimana pasangan tersebut terdiri dari pasangan 01 yaitu calon presiden dan wakilnya yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, selanjutnya diikuti pasangan 02 dari calon presiden dan wakilnya yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dan terakhir calon presiden dan wakil nomor urut 03 yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.Lalu bagaimana perkembangan dari hasil pemilihan presiden dan wakil presiden untuk periode berikutnya. Berikut penjelasannya.

Berita Katadata, Hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia yang digelar setiap 5 tahun sekali sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 14 Febaruari 2024 lalu. Diikut sebanyak 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden, pemilihan pilpres tahun ini dibilang sangat menarik serta seru untuk disimak. Berbagai macam pergerakan politik yang dimana sudah berjalan selama masa kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden membuat masyarakat turut heboh dan terpecah di beberapa kubu. Dilansir dari berita katadata, setelah melakukan masa kampanye hampir selama satu tahun lebih dan juga ditambah dengan pelaksanaan debat capres dan cawapres pemilu 2024 sebanyak 5 kali tentu menjadi pertimbangan rakyat untuk memilih capres serta cawapres mana yang memang menjadi pilihan terbaik dari para rakyat Indonesia.

Setelah hari pencoblosan pada bulan Februari lalu, hasil dari pemilu 2024 termasuk pemilihan capres dan cawapres akan dihitung oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk menentukan siapa presidenn dan wakil presiden pilihan rakyat Indonesia. Perhitungan ini selain ditunjang dengan perihitungan cepat melalui aplikasi sirekap, KPU juga tetap melakukan perhitungan atau rekapitulasi manual yang dihitung bertahap dari seluruh provinsi di Indonesia. Dari hasil rekapitulasi atau perhitungan manual inilah yang nantinya akan menjadi keputusan hasil dari pilihan rakyat Indonesia. KPU pada beberapa waktu yang lalu mengumumkan hasil rekapitulasi dan perhitungan suara dari 34 provinsi di Indonesia bahwa diputuskan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menjadi pemenang kontestan presiden dan wakil presiden periode berikutnya.

Beberapa Hal Menarik Pada Sidang MK Pilpres 2024 Dilansir Berita Katadata

Dilansir berita katadata, dimana hasil keputusan perhitungan suara manual oleh KPU yang memutuskan bahwa pasangan capres dan wapres nomor urut 02 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menjadi pemenang pemilihan presiden 2024 dengan total suara mencapai 96.214.691 tak disambut baik oleh pasangan capres nomor urut 01 dan 03. Pasangan capres dan cawapres 01 dan 03 memprotes hasil pemilu tersebut dan membawanya kesidang MK untuk dipersidangkan. Dari unitar.ac.id rangkum persidangan MK telah berjalan sejak beberapa hari yang lalu. Ada banyak hal dan fakta menarik yang terjadi pada sidang MK Pilpres 2024. Berikut diantaranya.

1. Beberapa Menteri Dipanggil Untuk Dimintai Keterangan

Salah satu fakta dan hal menari dilansir dari berita katadata yang terjadi pada persidangan MK Pilpres 2024 ini adalah adanya beberapa menteri yang dipanggil untuk dimintai keterangan oleh hakim-hakim MK. Pemanggilan para menteri yang terdiri dari Menteri PMK, Kemenko, Menteri Sosial dan Menteri Keuangan ini untuk menjawab dari tuduhan mengenai bansos yang dipermasalahkan dan dibawa kepersidangan oleh pasangan 01 dan 03.

2. Adanya Aksi Walk Out

Fakta menarik berikutnya yang terjadi pada persidangan MK Pilpres 2024 ini adalah terjadinya aksi Walk Out yang dilakukan oleh kuasa hukum dari capres-cawapres 01 yaitu Bambang Widjojanto saat saksi ahli dari pihak terkait atau pasangan capres-cawapres 02 yaitu Eddy Hiariej hendak memberikan keterangan.

3. Bertemunya Beberapa Ahli Hukum Di Indonesia

Salah satu hal menarik yang terjadi pada sidang MK Pilpres 2024 ini dan menjadi pusat perhatian masyarakat di Indonesia adalah dimana bertemunya bebapa ahli hukum terkenal di Indonesia yang menjadi kuasa hukum pada masing-masing pasangan. Seperti kita ketahui dimana ada ahli hukum terkenal seperti Bambang Widjojanto di pasangan 01, juga ada ahli hukum terkenal yaitu Yusril Ihza Mahendra, Otto Hasibuan, Hotman Paris dan OC Kaligis di pasangan 02 dan juga ada ahli hukum yaitu Todung Mulya Lubis sebagai kuasa hukum pasangan 03.

Sangat menarik tentunya untuk melihat perkembangan dari sidang MK Pilpres 2024 ini. Sejauh ini sidang MK mengenai Pilpres 2024 ini masih berjalan pada tahap pemanggilan saksi dan saksi ahli serta keterangan dari beberapa pihak terkait. Rencananya hasil putusan sidang MK Pilpres 2024 ini akan diputuskan pada tanggal 22 April 2024

Leave a Comment